Insipiratif, SDN 3 Rantepao Raih Akreditasi A Plus

0
714
Nampak Kepala sekolah SDN 3 Rantepao, Marthen S Pairunan, S.Pd foto bersama sejumlah siswanya di halaman SDN 3 Rantepao, Jumat (8/2/2019)

rantepaopos.com-Toraja Utara,– Sekolah SDN 3 Rantepao yang dipimpin Marthen S Pairunan, S.Pd tidak berlebihan jika diacungi jempol sekaligus sebagai sekolah inpiratif bagi sekolah lainnya. 

Betap tidak, sekolah ini dalam Tahun 2018 mendapatkan pengakuan dari pemerintah sebagai sekolah yang memenuhui standar kisi-kisi yang lengkap sehingga diberikannya penilaian Akreditasi A Plus.

Ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/2/2019), Marthen S Pairunan, S.Pd mengakui penilaian tersebut. Ia mengatakan, bahwa sekolahnya mendapatkan akreditasi A Plus berkat komitmen bersama antara komite sekolah, guru, staf dan siswa untuk memajukan sekolah.

Marthen mengisahkan, sejak dirinya masuk jadi kepala sekolah di SDN 3 Rantepao bulan Juli 2018 lalu, langsung melakukan beberapa perubahan manajemen sekolah untuk kemajuan dalam mendukung program pemerintah daerah dan pusat terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan.

Perombakan manajemen yang dimaksudkan itu, urai Marthen, diantaranya penataan administrasi yang standar, transparansi dan akuntabel, menetapkan program kedisplinan guru dan siswa melalui pengarahan dari kepala sekolah dalam setiap rapat sehingga guru dan siswa memiliki kesadaran dan tanggungjawab, bahwa kedisplinan itu sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Bukan hanya itu kata Marthen, di setiap ruang kelas dibuatkan rak-rak buku untuk ketertiban buku siswa sehingga tidak berantakan, melakukan pembenahan halaman sekolah diantaranya pemasangan paving block, pemasangan gasebo dalam menunjang taman baca siswa serta pengecatan luar dalam gedung sekolah untuk memberikan suasana yang bersih.

“Kita berterima kasih, karena sekolah kita mendapatkan penilaian Akreditasi A plus. Capaian ini salah satunya karena dinilai pengeloaan kelas melalui guru kelas masing-masing dan guru mata pelajaran sudah berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan pemerintah,” kunci Marthen yang dikenal sosok yang bersahaja. (yoel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here