Kasek Bawaslu Sulsel: Bawaslu Kabupaten Kelola Dana Besar, Harus Hati-Hati

0
77
Salah satu suasana kegiatan pembinaan SDM pengawasan dan kesekretariatan dalam rangka Pemilu 2019 yang di gelar Bawaslu Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Minggu (3/2/2019)

rantepaopos.com-Tana Toraja,–Bawaslu Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara secara  serentak  laksanakan kegiatan pembinaan SDM pengawasan dan kesekretariatan dalam rangka Pemilihan Umum 2019, Minggu (3/2/2019)

Untuk Wawaslu Kabupaten Tana Toraja  kegiatan tersebut diselenggarakan  di Hotel Said Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja, sementara Bawaslu Toraja Utara digelar di  Hotel Herritage Kecamatan Kesu’ Kabupaten Toraja Utara.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel H. Laode Arumahi, Kasek Bawaslu Provinsi Sulsel Sudirman Rahim, Ketua Bawaslu Tana Toraja Serni Pindan dengan dua kimisioner lainnya, Ketua Bawaslu Toraja Utara Andarias Duma dengan dua komisioner lainnya.

Untuk Bawaslu Kabupaten  Toraja Utara peserta pembinaannya 63 orang dari 21 kecamatan, sementara  Kabupaten Tana Toraja dengan peserta pembinaan 57 orang dari 19 kecamatan. 

H. Laode Arumahi  dalam arahannya mengatakan,  bagi peserta pembinaan SDM yang harus ditingkatkan adalah Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sesuai dengan kapasitas masing-masing yang ada dipengawasan.

“Sebagai pengawas landasan pokok kita adalah UU No.7 tahun 2017 Peraturan KPU dan Bawaslu itu sudah mulai dipisahkan untuk pengaturan teknisnya maka dibentuklah PKPU dan PerBawaslu yang berbasis pada tahapan,” terangnya  

Sementara kepala sekretariat  Bawaslu Provinsi Sulsel Sudirman Rahim, menjelaskan lebih jauh  tentang tugas-tugas Panwascam.

“Kita bekerja berdasarkan aturan, ketika kita sudah bekerja berdasarkan aturan dan kemudian ada keselahan, maka itu tidak begitu fatal, Bawaslu mengelolah dana yang begitu besar sehingga harus berhati-hati dalam penggunaan anggaran tersebut harus tepat sasaran. Ketika kita menerima anggaran harus benar-benar dibuat pertanggung jawabannya dengan baik,” Sudirman mengingatkan.

 “Sudah ada keluar Perpres untuk kenaikan honor Bawaslu Kabupaten dan diharapkan kinerjanya juga dapat meningkat,” lanjutnya

Tujuan dalam Pembinaan SDM pengawasan dan kepala sekretariat dan staf Keuangan kecamatan serta Mereview kegiatan-kegiatan sebelumnya, juga terkait mekanisme perekrutan Pengawas TPS dan Teknik Pelatihan Saksi Partai Politik di setiap TPS. (jerny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here