DPK Toraja Utara Tampilkan Program Inovasi ‘Lumbung Baca’

0
124
Suasana Kegiatan Lumbung Baca Yang Dipusatkan Di Objek Wisata Ke'te Kesu' Kab. Toraja Utara

rantepaopos.com-Toraja Utara,– Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Toraja Utara ikut program inovasi “Lumbung Baca” pada tahapan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.


Program Lumbung Baca merupakan inovasi layanan publik yang diusung oleh DPK Toraja Utara dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan minat baca masyarakat pada tatanan pranata sosial melalui metode pendekatan kepustakaan pada instrumen arsitektur yang terdapat pada budaya Toraja. Instrumen arsitektur yang dimaksud yaitu pemanfaatan struktur “Alang” (lumbung padi ) sebagai sarana perpustakaan rakyat.


Menurut Sarwansah Sahabuddin, salah satu anggota tim evaluator independen Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) saat meninjau implementasi program inovasi “Lumbung Baca” di objek wisata Ke’te’ Kesu, Jumat (1/2), mengungkapkan program inovasi yang diusung oleh DPK Toraja Utara merupakan inovasi yang memiliki keunikan tersendiri sebab mampu memberdayakan nilai-nilai budaya dalam meningkatkan pelayanan publik di Toraja Utara.¬†


“Inovasi lumbung baca ini sangat unik dan menarik, membaca buku di atas lumbung serta tempat buku yang sederhana tetapi justru memberikan nilai kearifan lokal. Dengan ditambah dukungan dari pihak Yayasan Ke’te Kesu, inovasi ini akan menambah minat baca masyarakat” ungkap Sarwansah.


Lebih lanjut, setelah melihat langsung efektifitas pelaksanaan program inovasi, Tim KOMPAK menilai inovasi Lumbung Baca ini berpotensi besar masuk dalam 30 besar inovasi di Sulawesi Selatan untuk diiregistrasi pada Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik).

Suasana Kegiatan Membaca
program inovasi “Lumbung Baca” pada tahapan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019

“Kita akan upayakan inovasi lumbung baca ini masuk ke 30 besar inovasi di Provinsi Sulawesi Selatan untuk naik level lebih di atas yaitu Sinovik,” tambahnya.


Pada kunjungannya ke lokasi percontohan “Lumbung Baca” tersebut, tim evaluator independen KOMPAK, juga dihadiri oleh Kepala DPK Toraja Utara Israel Ray Ratu, Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana Kornelia, Camat Kesu Ely Pamalingan serta Pengelolah Yayasan Ke’te Kesu Layuk Sarungallo.


Sebelumnya di hari yang sama, bertempat di Ruang Kerjanya,  Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan didampingi Pj. Sekda Rede Roni Bare menerima Tim Evaluator Independen KOMPAK untuk mendengarkan teknis pemaparan pelaksanaan evaluasi program inovasi tersebut. (Basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here