Pengguna Jalan Poros Kawasan Hutan Lindung Nanggala Dilarang Buang Sampah Sembarangan 

0
88
Nampak tim bakti sosial peduli lingkungan memasang himbauan tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang jalan poros kawasan hutan lindung nanggala, jumat (11/1/2019) 
rantepaopos.com-Toraja Utara,–Dukungan dari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pembangunan kepariwisataan di Toraja Utara.
Kesadaran masyarakat yang peduli kebersihan lingkungan akan mendorong terciptanya image positif kepariwisataan yang juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang datang berkunjung menikmati keindahan alam dan adat istiadat Toraja Utara.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Toraja Utara Fitra saat memimpin tim Bakti Sosial Peduli Lingkungan untuk melihat langsung kondisi limbah sampah yang dibuang sembarangan di lokasi sepanjang jalur Kawasan Hutan Lindung Nanggala di jalan poros Rantepao – Palopo hingga ke Kaleakan Nanggala, Jumat (11/1).
Fitra melanjutkan, infrastruktur pendukung dan sampah saat ini menjadi isu sentral yang paling banyak disorot oleh pemerhati pembangunan kepariwisataan di Toraja Utara. Untuk fasilitasi sarana fisik menurut Fitra, masyarakat harus memahami pengadaan infrastruktur sangat dipengaruhi oleh kapasitas fiskal daerah, intervensi dana pusat dan juga minat investasi swasta ke daerah sehingga pengadaannya pada sektor tersebut dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.
“sepanjang pemantauan kami, infrastruktur dan sampah di kabupaten kita ini masih menjadi topik perbincangan kritis masyarakat dan juga para wisatawan yang berkunjung ke Toraja Utara. Ini perlu masyarakat pahami bahwa sejauh ini untuk kita Pemerintah daerah sudah berupaya melakukan peningkatan prasarana pendukung tersebut yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan dilakukan dengan bertahap, termasuk juga berbagai upaya pemerintah untuk bekerjasama dengan pihak swasta untuk berinvestasi di daerah kita.” ungkapnya.
Terkait dengan sampah yang nampak berserakan pada wilayah jalan poros kawasan hutan lindung Nanggala, Fitra menghimbau semua masyarakat pengguna jalan yang melewati kawasan tersebut untuk turut memiliki rasa tanggung jawab menjaga kebersihan, sebab area tersebut adalah kawasan pintu masuk ke Kabupaten Toraja Utara.
“Masalah kebersihan tidak hanya urusan pemerintah saja, tapi juga menjadi tanggung jawab kita semua dengan masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan yang bersih. Saatnya sekarang kita ubah perilaku untuk menciptakan lingkungan bersih berdampak positif bagi lingkungan pariwisata kita,” imbuhnya (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here