Ini Tekad Bupati Kalatiku Membangun Toraja Utara di Tahun 2019

0
936
Bupati Toraja Utara DR. Kalatiku Paembonan, M. Si
rantepaopos.com-Toraja Utara,– Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan bersama dengan wakil bupati Yosia Rinto Kadang, atas nama pemerintah daerah kabupaten Toraja Utara berkomitemen akan semakin mantapkan tekadnya dalam membangun Toraja Utara di tahun 2019.
Pembangunan yang dimaksudkan itu diantaranya pembangunan bidang infrastruktur pada bidang jalan, pariwisata, pendidikan dan kesehatan.
“Kita punya tekad meneruskan tugas pada tahun 2019 untuk pemantapan kegiatan pembangunan di bidang infrastruktur dikabupaten Toraja Utara,” katanya, saat sampaikan sambutannya di acara natal oikumene di halaman kantor bupati Toraja Utara, Sabtu (29/12/2018).
Diuraikan,  pada pembangunan infastruktur jalan, yakni pemabangunan jalan provinsi yang menghubungkan Rantepao, Sadan dan Batu Standuk. Pembangunan jalan provinsi ini kata bupati telah dikukuhkan oleh Pj. Gubernur Sulsel Soni Sumarsono saat itu.
Kemudian, lanjut bupati ada 4 jalan provinsi yang mendapatkan pembiayaan dari Pemerintah Provinsi Sulsel yaitu dari Singki menuju Alang-Alang,  kemudian Madandan dan Rantetayo.
Dalam pembangunan infrastruktur jalan ini, sebut bupati tujuannya pemerataan secara meluas dalam peningkatan mobilisasi guna meningkatkan ekonomi di Toraja Utara.
Selanjutnya, pada bidang pembangunan atau pengembangan pariwisata akan terus digenjot, termasuk dalam menciptakan kebersihan, kerapihan dan keramahtamahan.
Ini sangat penting,  ujar bupati,  sebab tahun 2019 akan ada investore dari China datang melihat kondisi dalam rencana membangun sky track atau cable car (kereta gantung) antar gunung,  yang rencana stationnya ditempatkan di Tikala menuju Batutumonga hingga ke Gunung Sesean, dan apabila dimulai dari Pemanikan, akan terus ke Ba’lele dan tembus ke negeri diatas awan, Lolai.
Dalam pembangunan atau pengembangan pariwisata seperti ini, kata bupati akan memperindah daerah Toraja Utara sebagai daerah tujuan utama pariwisata di Sulsel.
“Tekad kita dalam pembangunan atau pengembangan pariwisata semata bertujuan memberi dampak positif bagi kabupaten Toraja Utara,” pungkasnya.
Ditambahakan, pada aspek pendidikan sebagai bidang prioritas itu sangat penting bagi generasi muda, sebab dengan pendidikan yang berkualitas, Toraja Utara akan eksis dan bisa tampil dimana pun diseluruh penjuru tanah air bahkan di luar negeri.
Sementara pada bidang kesehatan katanya,   dalam waktu yang tidak terlalu lama Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Marampa akan segera dimulai pembangunannya, kemudian untuk Rumah Sakit Elim akan ditingkatkan statusnya sebagai rumah sakit regional, penetapan sataus itu oleh bapak gubernur Sulsel.
“Dari aspek pembangunan kesehatan ini menjadi upaya kita dalam memperkokoh kesehatan di daerah Toraja Utara,” kunci bupati. (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here