Mendesak Rehabilitasi Berat 3 RKB di SDN 6 Sopai, Butuh Perhatian Pemerintah

0
254
Kepala Sekolah SDN 6 Sopai, Benyamin T Bato (kanan) foto bersama dengan guru dan murid di depan ruang bangunan sekolah.
rantepaopos.com-Toraja Utara,– Sekolah Dasar Negeri 6 Sopai, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara mendesak butuhkan bantuan dari pemerintah untuk pembangunan rehabilitasi berat 3 ruang kelas belajar (RKB).
Pasalnya, ke 3 RKB ini sejak dibangun dari Tahun 1976 hingga kini belum pernah tersentuh bantuan dari pemerintah untuk rehabilitasi.
Kondisi 3 RKB tersebut diakui oleh Kepala Sekolah SDN 6 Sopai, Benyamin T Bato,S.Pd, Sabtu (2/11/2018) saat ditemui di ruang kerjanya.
“Betul pak, kami sangat butuhkan pembangunan rehabilitasi berat untuk 3 RKB, karena kondisinya hanya dipaksakan untuk layak pakai. Tiga RKB ini dibangun tahun 1976 lalu, dan sampai saat ini belum pernah tersentuh bantuan pemerintah untuk rehabilitas. Kita hanya tempel-tempel dengan tripleks agar bisa ditempati murid belajar,” jelas Benyamin.
Bukan hanya kondisi 3 RKB tersebut, tapi sekolah ini juga belum memiliki ruang guru dan kepala sekolah sehingga dengan terpaksa menempati ruangan perpustakaan untuk sementara.
Pantauan rantepaopos.com di lapangan, ke tiga RKB tersebut dindingnya sudah lapuk, dan sebagian ditempel-tempel dengan tripleks, sama halnya dengan palafon. Intinya, 3 RKB itu sudah sangat tidak layak pakai dan mendesak untuk dibantu segera dari pemerintah.
Bukan hanya itu, posisi halaman sekolah ini berada di tebing pinggiran jalan yang rawan dengan longsor, sehingga perlu ditalut dan dipagar dengan kualitas yang standar demi keselamatan siswa, karena pagarnya saat ini hanya terbuat dari belahan bambu.
Sekolah ini memiliki jumlah murid sebanyak 136 siswa dengan guru PNS 4 orang dan guru honorer 7 orang.
“Kami harapkan Pemerintah dapat prioritaskan untuk bantuan pembangunan rehabilitasi 3 RKB itu tahun 2019. Kekurangan lainnya nanti dibelakangan sebab kita pahami dana pemerintah terbatas dan juga banyak sekolah lain yang membutuhkan bantuan,” kunci Benyamin dengan penuh harapan. (yoel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here