Bupati Kalatiku dan DKI Tinjau Langsung Kawasan Technopark Kopi di Baruppu

0
222
Bupati Kalatiku Paembonan dengan stafnya dan Dewan Kopi Indonesia tinjau langsung kawasan pembangunan technopark kopi di kecamatan Baruppu, Kabupaten Toraja Utara, Jumat (2/11/2018)
rantepaopos.com-Toraja Utara,– Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan bersama dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Kopi Indonesia dan Dewan Ketua Asosiasi Kopi Indonesia Toraja Utara turun langsung ke lokasi rencana pembangunan kawasan Kopi Technopark.
Kunjungan ini dilakukan, Jumat  (02/11/2018) sekaligus disepakati segera dilakukan pembibitan kopi purba. Disebut kopi purba ini karena kopi asli lokal di Kecamatan Baruppu yang ditanam sudah ratusan tahun lalu oleh nenek moyang warga Baruppu.
Hansen Gozali wakil Dewan Kopi Indonesia mengatakan, mengapresiasi program pemerintah daerah.
 “Kita ingin daerah Toraja Utara kembali bangkit dengan kerjasama pelaku bisnis lainnya terkait dengan kopi Toraja,” kata Gozali
Ditambahkan Gosali, hasil kunjungan kerjanya ini akan segera dilaporkan ke Sekjen Dewan Kopi Indonesia dan tahun 2019 universitas dan Institut kopi akan didirikan.
Katanya, pemerintah dan masyarakat sangat berpengaruh dalam pengembangan kopi di Toraja bahkan ada peluang sangat baik di daerah ini (Toraja) untuk pengembangan di sektor kopi dengan hadirnya kawasan technopark kopi seperti yang telah diprogramkan oleh Bupati Toraja Utara.
Sementara Bupati Kalatiku menyambut gembira atas kunjungan Sekjen Dewan Kopi Indonesia bersama jajarannya. Sebab kunjungan tersebut bagi Toraja Utara sangat bermakna dan merupakan langkah awal yang positif.
“Kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Dewan Kopi Indonesia perlu dijaga nama baiknya sebab ini mendapat dukungan dari bapak presiden untuk membangun technopark kopi dan membangun institut kopi di Toraja Utara,” ujar bupati.
Pengembangan kawasan kopi ini, kata bupati, kita ingin merasakan kesejahteraan rakyat sekaligus mengembalikan kualitas kopi di Toraja.
“Hari ini adalah harapan baru, karena kita akan mengembangkan kawasan kopi technopark di Kecamatan Baruppu, Lembang Parodo, Kecamatan Baruppu kabupaten Toraja Utara,” imbuhnya
Kunjungan kerja ini juga dihadiri Wakil Bupati Torut Yosia Rinto Kadang, Ketua DPRD Toraja Utara Stepanus Mangatta, Prof. S. Paembonan,  Kadis DPML Torut Ritha Rasinan, Kadis BPBD Torut Alexander Tampang, Camat Baruppu Daniel Rumengan, Kepala Lembang Parodo, Staf Protokol Setda Toraja Utara dan Staf Dinas Kominfo Toraja Utara. (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here