Pengembangan Kopi Arabica Berbasis Technopark

0
62
Dinas Pertanian dan penyuluh pertanian gelar pertemuan bahas perkembangan dan mutu kopi arabica yang dipimpin langsung Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, Selasa (9/10/2018) di aula Dinas Pertanian Toraja Utara.
rantepaopos.com,– Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara, Medan Sandabunga gelar pertemuan dengan penyuluh pertanian, Selasa (9/10/2018) terkait soal perkembangan dan mutu kopi arabika di Toraja Utara.
Dalam pertemuan itu, bupati dengan tegas mengatakan, Dinas Pertanian diharapkan pokus pada tata cara menanam kopi yang benar,  jangan tidur sebelum permasalahan tentang kopi ini bisa di maksimalkan.
Untuk itu,  melalui rapat ini diminta kepada penyuluh pertanian agar intens memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda).
“Agar diketahui, pemerintah daerah punya program yang terencana bahwa di kecamatan Baruppu kita akan jadikan sebagai kawasan kopi, dan di situ kita akan dirikan technopark kopi, juga di lokasi Buntu Pepasan dan Kecamatan Awan Rantekarua, dan jika masih ada lagi wilayah pontensial kita juga akan kembangkan di situ,” jelasnya
Dijelaskan, pengembangan kopi arabica melalui technopark memiliki multi fungsi, sebab selain sebagai wadah pengembangan kopi, pembelajaran kopi juga membuka lapangan kerja.
“Kawasan sudah ada, selanjutnya pembangunan technopark kopi sudah harus segera dilaksanakan,” pungkasnya
Dalam mencapai tujuan itu, bupati menuturkan, saat ini yang kita butuhkan adalah bukti nyata dari kerja-kerja, bukan dengan omongan atau teori semata. Sekarang harus kerja dan menghasilkan sebuah output.
“Kadis Pertanian, tahun ini kopi yang harus ditanam 400.000 pohon dari total keseluruhan 900.000 pohon,” bupati mengingatkan Medan Sanda Bunga.
Bupati berharap penuh, melalui pembangunan teknologi dan kawasan technopark kopi ini diyakini dapat membawa kabupaten Toraja Utara semakin maju, bahkan nantinya dapat dijadikan sebagai objek destinasi wisata kopi.
(basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here