Bupati Kalatiku Bentuk TPAKD Bertujuan Kembangkan Sektor Ekonomi

0
190
Suasana pengukuhan Tim TPAKD Toraja Utara di Hiltra Hotel Rantepao, Kamis (13/09/2018)

rantepaopos.com-Toraja Utara,–Pengukuhan dan rapat pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) serta temu fasilitasi akses keuangan UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara,Kamis (13/09/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan di Hiltra Hotel Rantepao dengan dihadiri Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Drs. Rede Roni Bare, M.Pd dan Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sulawesi Selatan,Dr. Since Erna Lamba, SP.,MP

Since Erna mengatakan,  untuk menyukseskan kegiatan TPAKD maka  perlu ditopang oleh dana yang bersumber dari APBD, sebab ada beberapa kegiatan utama dari TPAKD seperti melaksanakan survei dilapangan, merevisi aspek keuangan per triwulannya.

“TPAKD yang dibentuk ini pemerintah provinsi  berharap agar sinergi dengan jasa keuangan, pelaku usaha potensial sehingga hal ini dapat mendorong kompetisi dalam mempercepat akses keuangan di daerah,” kata Since Erna Lamba.

Pesan Since,yang perlu dijaga oleh Kabupaten Toraja Utara adalah bagaimana mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah  melalui pemberdayaan masyarakat.

“Saya telah mengukuhkan anda, tentunya dengan harapan mampu mengawasi dan memberi dampak untuk meningkatkan sektor ekonomi di Kabupaten Toraja utara,” kata Kalatiku Paembonan

Bupati menambahkan, tim TPKAD telah dilantik, harus  mampu mengembangkan sektor pertumbuhan ekonomi di daerah ini, khusus pada  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu  bekerjasama dengan lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas dana kredit untuk usaha.

“Ini sangat potensial untuk pengembangan sektor ekonomi di Toraja Utara, karena  akses ekonomi kita sebesar 31 Milyar per harinya,itu laporan tahun 2017,” ungkap Kalatiku Paembonan. (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here