250 Pasien Katarak Jalani Operasi Gratis Oleh Persatuan Ahli Dokter Mata

0
239
Proses operasi katarak yang sedang dilakukan oleh persatuan Dokter Hali Mata Indonesia dalam kegiatan bakti sosial operasi katarak, Sabtu (14/7/2018) di Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara.

rantepaopos.com-Toraja Utara,– Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia bekerja sama Pemda Toraja Utara, Bank BCA, Kick Andy Foundation, Yayasan Kesehatan Gereja Toraja dan Rumah Sakit  Elim Rantepao gelar  Bakti Sosial Operasi Katarak untuk masyarakat Toraja dan sekitarnya, Sabtu (14\7\2018) di Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara.

Operasi mata ini dilaksankan selama dua hari, yakni dari tanggal 14-15 Juli 2018, dengan jumalh pasien yang mendaftar ada sebanyak 250 orang dan telah discreening, 150 jiwa untuk dilakukan operasi mata.

Bakti Sosial ini, dibuka  Ketua Yayasan Kesehatan Gereja Toraja, dr. J. Palimbong didampingi didampingi  Direktur Rs. Elim, Dr. Hendrik.S, Direktur BCA KCU Pare-Pare, Franky Dewata, Ketua PERDAMI, Dr. Muhammad Irfan, Ketua Yayasan Kick Andy Foundation, Ali Sadikin.

Dijelaskan  J.Palimbong, bahwa pihaknya  berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Perdami Sulsel, Kick Andy Foundation, dan Bank BCA yang bahu membahu mengadakan bakti sosial operasi katarak mata ini.

“Ini sangat membantu masyarakat Toraja yang kurang mampu untuk melakukan operasi katarak mata. Harapan kami, agar kegiatan sosial seperti ini dapat terus berlanjut, bukan berhenti untuk tahun ini,”.harap J Palimbong

Sementara Ketua Yayasan Kick Andy Foundation, Ali Sadikin menyebutkan, mengungkan Yayasan Kick Andy Fundation bertekad untuk membantu masyarakat Indonesia menggapai kesehatan yang optimal.

“Selain operasi katarak, kami juga telah mengadakan operasi bibir sumbing gratis, dan berdasarkan data yang ada  Indonesia merupakan urutan ke-2 dunia yang memiliki pasien katarak terbanyak, sehingga data ini menjadi  alasan kami menjadi tekad membantu program pemerintah, yaitu Indonesia bebas katarak di tahun 2020,”. papar Ali

Direktur Bank BCA KCU Pare-pare, Franky Dewata mengaku bahawa kerja sama antara Bank BCA, Kick Andy Foundation, serta Perdami telah berlangsung lama didalam melakukan kegiatan bakti sosial dan  alasan memilih Toraja adalah mengingat kurangnya Dokter Mata yang ada di Toraja, sementara berdasarkan data yang ada di Toraja pada umumnya angka penderita katarak lumayan tinggi.

Usai p, embukaan nampak  Ali Sadikin bersama Franky Dewata memberikan semangat kepada pasien yang hadir, serta menyempatkan diri melihat langsung proses operasi katarak yang dilakukan oleh Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia Sulawesi Selatan. (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here