H.M Nurdin Abdullah- Andi Sudirman Sulaiman Menang Telak Dalam Pilgub di Toraja Utara

0
312
Suasana dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Selatan tingkat Kabupaten Toraja Utara yang digelar oleh KPU Toraja Utara di Toraja Misiliana Hotel, Kamis (5/7/2018).

rantepaopos.com.-Toraja Utara,– Calon pasangan Gubernur  Sulawesi Selatan, nomor urut 3, Prof H.M Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman,ST memperoleh suara siginifikan di Toraja Utara dengan perolehan suara 62.418  dari jumlah suara sah 94.281 suara.

Pasangan  Nomor  urut 3 ini disusul dengan pasangan  calon nomor urut 4,  Ichsan Yasin Limpo-Ir.H.A. Musakkar,MH, dengan perolehan suara 14.212, kemudian pasangan calon nomor urut 1, H.A.M Nurdin Halid dan Ir.H.Abd .Aziz Qahar dengan perolehan suara 9.676 dan terakhir pasangan calon nomor urut 2,  Ir.H.Agus Arifin Nu’mang, MS-Mayjen TNI (Purn) Drs.Tandribali Lamo,SH dengan hanya perolehan suara 7.875 suara.

Perhitungan suara tersebut dari  hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang di gelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara bertempat  di Toraja Misiliana Hotel, Kamis (5/7/2018).

Dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Toraja Utara ada sebanyak 152.645 pemilih, namun yang mencoplos atau memberikan suara di TPS  hanya  95.169  pemilih, dan dari jumlah suara tersebut ada 888 suara yang dinyatakan tidak sah.

Jalannya kegiatan rekapitulasi ini di bawah pengawalan  pihak kepolisian dari jajajaran Polres Tana Toraja sebanyak 184 personil, dan dihadiri oleh petugas PPK 21 kecamatan, Panwas Kabupaten Toraja Utara, saksi dan anggota tim pemenangan dari masing-masing pasangan calon..

Rapat pleno terbuka tersebut  dipimpin langsung oleh ketua KPU Toraja Utara, Bonny Freedom didampingi anggota komisioner lainnya, yakni Jan Hery Pakan dan Roy Pole Pasalli.

Informasi diperoleh dari bidang hukum sekretariat KPU Toraja Utara, bahwa hasil penghitungan suara tingkat kabupaten ini akan diantar ke Makasaar (KPU Provinsi Sulsel) malam nanti, Jumat (6/7/2018) sebab penghitungan suara tingkat provinsi sesuai jadwal akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni dari tanggal 7 s/d 9 Juli 2018. (yoel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here