BPBD Torut Gelar Konsultasi Publik Ranperda Penanggulangan Bencana

0
237
Suasana dalam rapat konsultasi publik Ranperda Penanggulangan Bencana Daerah yang digelar oleh BPBD Kabupaten Toraja Utara di ruang pola bupati, Kamis (5/7/2018)

rantepaopos.com-Toraja Utara,– Rapat Konsultasi publik rancangan peraturan daerah (Ranperda) penanggulangan bencana daerah Kabupaten Toraja Utara, dilaksanakan Kamis (05/07/2018) di Ruang Pola Bupati.

Rapat konsultasi ini dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara dan dibuka resmi  Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang.

Kepala BPBD Kabupaten Toraja Utara, Yorry R. Lesawengan, melaporkan bahwa rapat konsultasi publik ini  merupakan tahapan yang harus dilalui sebelum ditetapkan jadi rancangan peraturan daerah (Ranperda).

“Kami sudah lakukan konsultasi kepada dinas terkait, diantaranya Biro Hukum Provinsi, stakeholder terkait, TNI, camat dan Ketua Pansus II DPRD Kabupaten Toraja Utara,” jelas Yorry

Wabup Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, dalam sambutannya mengatakan, wilayah Toraja Utara merupakan kawasan rawan bencana, oleh karena itu perlu kesiapan mental dan abdi untuk masyarakat dengan dilandasi jiwa sosial,  bukan semata karena jabatan tetapi perlu totalitas dalam melayani masyarakat.

Yosia  menambahkan, alat komunikasi harus standby dalam mengantisipasi jika ada yang membutuhkan pertolongan terkait bencana.

“Pelayanan kepada masyarakat adalah yang utama, bagaimana bisa menjaga lingkungan masyarakat kita agar tidak terjadi bencana,” kata Wabup

Juga disebut, sosialisasi itu penting dan sangat dibutuhkan masyarakat terkait bagaimana cara menanggulangi  bencana dalam kondisi  siap siaga, agar jika terjadi musibah atau bencana bantuan datang tepat waktu.

“Ini tugas bersama jangan berfikir bahwa ini hanya tugas BPBD,  namun ini tanggungjawab bersama dan seluruh dinas terkait serta masyarakat,” pungkasnya. (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here