Kadis Pariwisata Toraja Utara Intensif Kembangkan Objek Wisata

0
512
Kadis Pariwisata Toraja Utara, Harli Patriatno

rantepaopos.com-Toraja Utara,–Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara, Harli Patriatno terus melakukan penataan terhadap sejumlah obyek wisata agar memiliki daya tarik dalam rangka peningkatan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Harli sangat paham kalau Toraja Utara  terkenal dengan destinasi wisata  yang  berbasis budaya dan alam. Untuk itu ekpansinya adalah pembangunan infrastruktur, seperti jalan dan penataan lokasi objek wisata.

Arli beri contoh,  sejak tahun 2016 hingga  2018 Obyek Wisata Lolai Negri di Atas Awan kualitasnya terus  ditingkatkan dengan mempermudah aksesbilitas jalan masuk ke sana, termasuk dengan  sarana pendukungnya yang  dilengkapi.

“Objek wisata lolai terus dikembangkan kualitas sarana pendukungnya agar benar-benar memadai, seperti penyediaan toilet, penginapan,  jalan di dalam obyek dan tempat parkir,” urai  Harli.Ditambahkan, khusus di Lolai karena kondisinya sangat memungkinkan maka  terus dikembangkan seperti atraksi Paralayang,  jadi kalau pagi wisatawan minum kopi , setelah cuaca cerah sekitar jam 9 – 10 pagi bisa melakukanParalayang

Selain objek wisata Lolai yang terus dikembangkan, kata Harli,  juga mengembangkan obyek wisata alam di Awan Rantekarua dengan nama objek wisata Empat Sarambu.

Dinamakan objek wisata empat sarambu jelas Harli, karena di sana ada empat air terjunnya yang sangat indah dikelilingi hutan.

“Tahun ini melalui  dana DAK sekitar Rp.2 M  kita kembangkan obyek wisata Sarambu Marurun. Objek ini adalah air terjun tiga tingkat dengan ketinggian sekitar 100 Meter,” jelasnya

Objek wisata sarambu sikore Kecamatan sopai Toraja Utara.

                               Objek wisata sarambu manurun

Dalam program penataan dan pengembangan  objek wisata melalui dana DAK, Harli bersama stafnya tetap kerja tim untuk berkreasi dan berinovasi dalam pembangunan pengembangan atau penataan objek wisata, termasuk di Kete’ Kesu’ dan Londa.

Harli Patriatno berharap kedepannya,  agar kesadaran  masyrakat Toraja  terhadap sadar wisata lebih ditingkatkan ke depannya.

Harli beri cintoh, semisal di  Bali, semua kampung, semua desa warga masyrakatnya  sadar bahwa pariwisata itu sumber ekonomi mereka , sehingga masyarakat secara proaktif melakukan penataan , pembersihan kampungnya. dan kita harapkan warga masyrakat toraja juga seperti itu.

“Sadar wisata masyarakat Toraja Utara  akan tumbuh melalui  rasa memiliki, dan jika hal itu sudah demikian maka  itu bisa memberikan penghasilan atau tambahan pendapatan ekonomi,” kunci Harli (Yoel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here