SSRAT Berhasil Menginspirasi Siswa Dengan Karya Seni Serbuk Gergaji

0
196

rantepaopos.com-Toraja Utara,–Tingkatkan pendidikan bidang seni di dunia pendidikan, komunitas Seni Sanda Rupa Arts Toraya (SSRAT) berikan materi seni rupa dari bahan baku  serbuk gergaji  kepada ratusan siswa-siswi di   Sekolah SMKN 1 Makale, Tana Toraja, Senin (21/5/2018).

Pekerja  Sandarupa Arts mendemonstrasikan mulai dari cara  mengolah, membuat dan menghias lukisan serbuk gergaji yang sudah jadi. Hal hasil dari demontarsi tersebut  tidak sedikit dari para siswa  mengerti teknik pembuatan karya seni yang berbahan baku serbuk gergaji itu.

Nampak dalam gambar saat tutor menjelaskan cara menggunakan serbuk gergaji sebagai media yang bisa menjadi lukisan

“Ini pengenalan seni rupa untuk siswa-siswi di sekolah kejuaraan, kami memberikan materi bagaimana mengolah serbuk gergaji menjadi karya seni yang bernilai ekonomis. Terimakasih buat pihak sekolah yang sudah mengundang kami,” kata Inno Angga, pekerja Seni Sandarupa Arts Toraja, Senin (21/5/2018).

Ditambahkan, dalam kegiatan pelatihan ini diikuti 120 siswa-siswi SMKN 1 Tana Toraja, dan selama kegiatan berlangsung mereka sangat antusias mengikutinya, bahkan pihak sekolah pun sangat mendukung kegiatan tersebut, sebab  berkaitan dengan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.

“Ini termasuk salah satu mata pelajaran yang wajib diterapkan dalam kurikulum SMK, dan diharapkan kedepan Sandarupa Arts, bisa lebih bersinergi lagi dengan dunia pendidikn  dalam mengembangkan kreatifitas dan seni di kalangan siswa untuk tetap menggali budaya Toraja,” ujar Sofyan Linggi, Kepala Sekolah SMKN 1 Tana Toraja.

Dalam kegiatan tersebut Tim Sandarupa Arts Toraja bersama dengan salah seorang  personil Kodim 1414 Tana Toraja, yakni Peltu Cornelius. Peltu Cornelius dikenal selama ini  intens memberikan  pembinaan kepada  kelompok Seni Sandarupa Arts Toraya ini. (jufri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here