Sungai Sa’dan Memprihatinkan, FAJI Torut Desak Pemkab Keluarkan Perda

0
254
Suasana rapat kerja Faji Toraja Utara, Kamis (22/4/2018)

rantepaopos.com-Toraja Utara,– Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Pengurus Kabupaten (Pengkab) Toraja Utara  gelar rapat membahas  program kerja sebagai bentuk  keprihatinannya terhadap kondisi sungai Sa’dan yang kini mulai tercemar dengan berbagai jenis sampah.

Rapat tersebut diadakan di Sekretariat FAJI Pengkab Toraja Utara  di Jalan  Ba’lele Limbong, Kelurahan Mentirotiku, Kecamatan Rantepao, Kamis (12/04/2018).

“Tujuan rapat program ini sebagai dasar untuk melaksanakanakan kegiatan, khususnya untuk turun ke Sungai Sa’dan,  sebab  melihat kondisi sungai sa’dan saat ini sangat memprihatinkan,” kata Ketua Harian FAJI Toraja Utara, Agustinus Lamba

Kondisi  sungai yang memprihatinkan ini, ujar Agustinus tidak bisa dibiarkan. Agustinus juga heran jika melihat  banyaknya masyarakat  yang membangun di sekitar bantaran sungai tapi tidak peduli menjaga lingkungan,  akhirnya  sungailah yang dijadikan  tempat pembuangan sampah.

“Kita harapkan sungai Sa’dan kembali bersih sejak dahulu kala. Untuk mengembalikan kondisi sungai Sa’dan yang bersih maka diharapkan pihak Pemerintah Daerah segera  membuatkan Peraturan Daerah (Perda) serta sanksinya dengan  tindakan yang  tegas bila ada yang melanggar perda tersebut,” pungkas  Agustinus

Ditambahkan, dalam waktu dekat ini, segenap pengurus kabupaten FAJI Toraja Utara akan memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2018 melalui gerakan bersih-bersih disekitar sungai Sa’dan.

“Dalam bersih-bersih sungai Sa’dan nanti,  kami akan start dari Kakondongan Kecamatan Tallunglipu dan finish di Eran Batu Kec. Kesu’,” terangnya.

Juga dikatakan,  gerakan bersih-bersih ini  Faji Toraja Utara  akan mengajak atau  melibatkan pihak Pemda seperti mengundang Bupati Toraja Utara, Wakil Bupati Toraja Utara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup,  Kadis BPBD, Ketua KONI, Dispora , Camat Rantepao serta beberapa stakeholder terkait lainnya. (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here