Objek Wisata Pa’baladoan, Firdaus Mini dari Belau – Masanda.

0
403
Dari sebelah Selatan bukit Pa' Baladoan tampak Kabupaten Mamasa .

rantepaopos.com-Tana Toraja,-Tidak dapat disangkal lagi bila arti Tana Toraja adalah negeri yang mulia. Nama ini sepadan dengan kekayaan keindahan panorama alam yang dimilikinya, merupakan anugrah yang istimewa bagi negeri yangg mendapat julukan Tondok Lepongan Bulan Tanah Matariallo.

Di bagian barat Tana Toraja tepatnya di Lembang Belau Kecamatan Masanda ada satu kawasan puncak gunung yang menjadi objek wisata namanya PA’BALADOAN. Dari puncak gunung tersebut kita dapat menyaksikan pemandangan yang begitu mempesona, laksana memandang taman taman firdaus yang keindahannya sulit diungkapkan dengan untaian kata yang sepadan.dengan indahnya panorama alamnya.

Betapa tidak,  dengan hembusan angin semilir yang menerpa setiap mata memandangnya menambah keanggunan cantiknya panorama Pa’baladoan yang membuat setiap pengunjung enggan untuk beranjak dari tempat itu.

Pemandangan dari puncak Pa’baladoan

Dibalik nama mulia objek wisata Pa’baladoan terkandung sejarah penuh makna yang terdalam tentang kemuliaan yang dimiliki masyarakat Masanda pada jaman dahulu kala yang juga sekaligus mengungungkap histori hubungan rumpun keluarga antara Masanda dengan Mamasa.

Nama mulia Pa’baladoan ini menambah minat dan  daya tarik sejarahwan dalam mengungkap hubungan antara Kabupaten Tana Toraja dengan Kabupaten  Mamasa yang kini mulai pudar ditelan zaman.

Dengan wajah yang penuh haru dan semangat, ketua DPRD Tana Toraja,  Welem Sombolinggi, SE saat melakukan kunjungan ke objek wisata pada hari Rabu (11/4/2018) mengatakan pada Rantepao Pos, bahwa objek wisata Pa’baladoan ini baru dibuka, maka masih butuh sentuhan pemikiran dari para seniman agar lebih alami dan artistik.

“Objek wisata Pa’baladoan ini baru saja dibuka, agar lebih memperlihatkan  kealamiannya dan artistik maka dibutuhkan sentuhan pemikiran dari para seniman,” kata Welem yang dikenal sangat peduli dengan pengembangan objek wisata di Tana Toraja. (yulius)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here