Bupati Nilai Dinas Ketahanan Pangan Penting Peningkatan SDM

0
590
Suasana Bupati Kalatiku Paembonan sidak Dinas Ketahanan Pangan, Senin (6/11/2017)

rantepaopos.com-Toraja Utara,- Bupati Toraja Utara Dr. Kalatiku Paembonan, M. Si dan Wakil Bupati Yosia Rinto Kadang, ST menilai kondisi ruangan Dinas Ketahanan Pangan Toraja Utara tidak tertata dengan rapih.

Hal itu di sampaikan Bupati saat lakukan inpeksi mendadak di kantor tersebut, Senini ( 6/11/2017).

Kondisi tersebut membuat bupati tidak nyaman, sehingga memerintahkan kantor itu harus ditata dengan baik.

“Kantor ini perlu diatur sedemikian rupa dan harus bersih, rapih sehingga ada kenyamanan kerja,” pesan bupati

Bukan hanya itu keritikan bupati, tapi sampai pada tugas pokok dan fungsi dari dinas tersebut.

“Harus dipahami betul perbedaan antara Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian. Manajemen pangan tentunya perlu memahami kebutuhan dalam masyarakat dibandingkan dengan produksi dikaitkan dengan kebutuhan, harga serta jumlah permintaan dalam masyarakat,” ungkap bupati di depan Kadis Ketahanan Pangan, Barnetje S Toban.

Saking kecewanya bupati, akhirnya melaksanakan tanya jawab kepada beberapa pegawai di dinas tersebut, tentang tugas pokok serta program apa yang telah dilaksanakan mengenai ketersedian pangan di Toraja Utara.

“Saya tegaskan agar menyiapkan data yang valid guna mengantisipasi persedian serta kebutuhan pangan di Kabupaten Toraja Utara, sebab sewaktu-waktu pusat akan meminta data ini guna melihat jumlah kebutuhan persedian pangan,” tegas bupati

Karena bupati langsung melihat kemampuan SDM di dinas itu, maka bupati menganjurkan untuk melaksanakan pelatihan SDM.

“Laksanakan pelatihan sumber daya manusia (SDM), saya juga minta data item meliputi sayur, lauk pauk, protein, beras dan data itu selambatnya sudah masuk di kantor saya,” perintah bupati.

Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, sependapat dengan Bupati, sehingga Yosia mengatakan, data itu sangat penting, kelengkapan kebutuhan pokok sangat dibutuhkan dan jika bisa membuat sebuah rangkuman baik di tingkat Kecamatan hingga Kabupaten.

Sidak sekitar Pukul 08:30 Wita ini diterima oleh Kadis Ketahanan Pangan Ir. Barnetje S. Toban didampingi Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Marthen Manurun, S. SIP,MM. (Basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here