Bupati : Kehadiran Perusda Harus Mampu Gali Potensi Daerah Untuk Kesejahteraan

0
361
Suasana sosialisasi Perda Nomor II Tahun 2017 Tentang Perusahaan Daerah Mekar Sejahtera, di Ruang Pola Bupati, Kamis (24/8/2017)

rantepaopos.com– Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara intensif lakukan berbagai upaya dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Salah satu bentuk upaya tersebut, adalah mendirikannya sebuah Perusahaan Daerah (Perusda) yang akan berperan untuk menggali potensi-potensi yang ada dalam wilayah kabupaten Toraja Utara.

Untuk itu, sebelum badan ini berdiri, perlu diperkuat dengan regulasi yang ada sebagai dasar hukum dalam pengoperasiannnya kedepan.

Kini, pemerintah daerah sedang lakukan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor II Tahun 2017 tentang Perusahaan Daerah (Perusda) yang diberi nama ‘ Perusda Mekar Sejahtera’ yang digelar melalui Bagian Organisasi Setda, di Ruang Pola Bupati, Kamis (24/8/2017).

Sosialisasi tersebut, dibuka resmi oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan didampingi Wakil Bupati Yosia Rinto Kadang dan Ketua Komisi I DPRD Toraja Utara, Paulus Tangke.

Sambuatan bupati, menyebutkan, kegiatan ekonomi di Toraja Utara pada umumnya memiliki skala ekonomi tinggi. Namun kenyataan sekarang masih sejumlah besar masyarakatnya yang konsumtif, sehingga fenomena ini harus menjadi perhatian khusus untuk dituangkan dalam program kerja Perusda.

Bupati akui, Toraja Utara memeliliki potensi luar biasa, namun jika dilihat dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih sangat jauh dari harapan.

“Saya himbau bagi kita melalui perusahaan daerah agar memaksimalkan menggali potensi yang ada seperti kopi toraja, produk kerajinan rakyat dan potensi lainnya,” kata Bupati.

Disebutkan, lewat sosialisasi ini, merupakan momen langkah awal menemukan titik terang dan cerah untuk bagaimana kedepan mengelola potensi yang ada di Toraja Utara.

Dalam mencapai harapan itu, kata Bupati, dibutuhkan keseriusan kerjasama semua stakeholder dalam mewujudkan kesehjateraan masyarakat melalui kemandirian Perusda.

Hadir sebagai peserta sosialisasi ini yaitu staf perwakilan dari masing-masing bagian Sekretariat daerah serta sejumlah pelaku wirausaha dalam wilayah Kabupaten Toraja Utara. (basri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here