Agar Tidak Tersandung Hukum, Ratusan Kepala Lembang Ikuti Penyuluhan Hukum

0
369
Suasana penyuluhan hukum yang digelar oleh Kejaksaan Tana Toraja di Makale, Kamis (24/8/2017)

rantepaopos.com– Ratusan Kepala Lembang (Kepala Desa,red) mendapatkan penyuluhan hukum terkait dengan dana desa dan TP4 dari Kejaksaan Negeri Tana Toraja di Makale, Kabupaten Tana Toraja, Kamis (24/8/2017)

Kegiatan yang digelar pihak Kejaksanaan ini sebagai tindak lanjut atas instruksi dari pusat.

Kepala Kejaksaan Makale, Jaka Suparna, menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk meminimalis adanya kesalahan mereka (Kepala Lembang, red) yang dapat mengakibatkan tersandung hukum.
Menurutnya, selama tahun 2017 ini baik di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara belum ada Kepala Lembang yang tersangkut hukum karena dana desa.

Yang ada, kata dia, hanya karena masih ada sejumlah Kepala Lembang yang gagap teknologi (gaptek), sehingga mereka masih kesulitan mengaploud kegiatan ataupun laporan ke aplikasi yang disediakan dari pusat, sehingga aplikasi itu dianggap belum terlaksana,” jelas Jaka.

Hal yang sama disampaikan Kasi Intel Kejaksaan Makale, Amri Kurniawan.

Ia menjelaska, bahwa tujuan dari penyuluhan hukum tersebut merupakan sebagai tindakan untuk meminimalisir adanya penyalah gunaan dana desa, serta untuk memberikan pemahaman kepada para Kepala Lembang tentang hukum dan proses hukumnya.

Amri berharap penuh, dengan adanya penyuluhan hukum ini para Kepala Lembang melaksanakan tugasnya tidak merasa kaku ataupun terintimidasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga dalam melaksanakan tugasnya dapat lebih fokus untuk menghasilkan kinerja lebih baik dan dapat terhindar dari masalah hukum. (febry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here