Semua OPD Dituntut Berinovasi dalam Penyusunan SIDa

0
293
Suasana Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah di Ruang Pola Bupati Toraja Utara, Selasa (22/8/2017)

rantepaopos.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah menggelar sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) 2017 kerjasama Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan bidang inovasi dan teknologi oleh Ir. Rajendra.

Kegiatan ini dipusatkan di ruang Pola Bupati , Selasa,(22/08/2017) dan dibuka resmi oleh Asisten Perekonomian & Pembangunan Setda, Simon Pongsisonda.

Simon mengapresiasi sosialisasi ini. Dikatakan, sosialisasi tersebut sangatlah penting untuk diikuti guna diterapkan di instansi masing-masing dalam penyusunan sistem inovasi daerah (SiDa) tahun 2017.

“Organisasi Perangkat Daerah yang ikuti sosialisasi ini diharapkan kedepannya punya kemampuan berinovasi serta menciptakan kreatifitas baru dalam penyusunan SIDa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era digital saat ini,” ajak Simon

Hal yang sama disampaikan Kabid Inovasi dan Teknologi Bappeda Provinsi Sulsel,Rajendra. Ia menyebutkan, secara mendetail perlu dipahami bahwa Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, penerapan, pengkajian, perekayasaan dan pengoperasian.

Dan selanjutnya disebut Kelitbangan, yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru/cara untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang ada dalam produk atau proses produksi.

Dikatakan, tujuan dari SIDa adalah apa dan bagaimana tentang yang akan dilaksanakan dalam instanasi kita masing-masing. Katanya, melalui sistem penyusunan SIDa yang mencakup semua sektor bukan hanya dari segi kreatifitas tapi juga menciptakan terobosan baru dengan memanfaatkan Iptek.

Tujuan lainnya adalah bagaimana peningkatan kapasitas pemerintah daerah, daya saing daerah dan pelaksanaan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia.

Dalam kegiatan ini, moderatornya kepala Dinas Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Toraja Utara,Daniel Tandi sekaligus sebagai penyelenggara kegiatan sosialisasi itu.

Peserta sosialisasi meliputi semua kepala OPD, kepala bagian (kabag) Sekretariat Daerah, staf perwakilan dari instansi masing-masing dan Asisten Setda dan Staf Ahli Bupati. (basry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here