Alumni UKI Jakarta Siap Berbagi Untuk Pengembagan Pariwisata.

0
416
Suasana pertemuan antara rombongan alumni UKI Jakarta dengan Pemkab Toraja Utara, di ruang kerja bupati, Selasa (1/8/2017)

rantepaopos.com– Toraja Utara,- Alumni UKI Jakarta akan bekerjasama dengan Pemkab Toraja Utara lewat Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM), salah satunya adalah pengembangan kota pariwisata.

Rombongan ini mendapat sambutan hangat dari bupati Kalatiku Paembonan, yang didampingi Wabup, Yosia Rinto Kadang dan Asisten I Setda yang juga pelaksana harian Sekda Pemkab Torut, Rede Roni Bare, di ruang kerja bupati, Selasa (1/8/2017)

Pertemuan tersebut dipasilitasi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Toraja Utara, Ny. Linda Sumilat Paembonan, yang juga adalah alumni dari UKI Jakarta.

Agenda rombongan ini akan melakukan kunjungan dalam bentuk survey dibeberapa objek wisata yang ada di Toraja Utara, seperti objek wisata Ke’te Kesu’, objek wisata Londa, Bori’ Kalimbuang serta pasar hewan di Bolu.

Dalam kesempatan itu, Linda mengatakan, kunjungan seperti ini bukan hanya merupakan kegiatan bulanan atau tahunan saja, tapi ini sudah menjadi kegiatan rutinitas dari alumni UKI Jakarta.

Dijelaskan Linda, bahwa rombongan ini terdiri dari dosen, pejabat tinggi, profesor, doktor, arsitek yang memiliki keinginan yang tulus untuk berbagi kepada masyarakat tentang apa yang telah didapatkan dan dipelajari dari UKI Jakarta.

“Setelah selesai melakukan peninjauan ke lokasi objek wisata nanti, maka hasil pengamatan kami di lapangan akan dibagikan ke masyarakat,” kata Linda

Hal yang sama disampaikan salah satu personel rombongan, Robert Panjaitan. Ia,mengatakan, Toraja merupakan kota pariwisata yang Indah, jika berbicara pariwisata maka kita berbicara seumur hidup.

“Sangat penting kita memperhatikan semua aspek yang menunjang untuk menjadikan kota ini sebagai kota pariwisata seutuhnya,” ujar Robert Panjaitan

Salah satu bentuk perhatian, sebut Robert, yakni edukasi yang paling utama serta perubahan pola pikir dari setiap masyarakat yang ada.

Sebab hal itu sangat menunjang kabupaten Toraja Utara sebagai kota pariwisata yang memiliki daya tarik dengan meliputi beberapa aspek seperti masyarakatnya, pelayanan, akses, infrastruktur dan promosi wisata.

Sementara Bupati Kalatiku Paembonan, menuturkan didepan rombongan, bahwa seluruh rantai ekonomi diperuntukkan bagi rakyat, dan objek wisata di Toraja Utara akan terus dibenahi guna menarik wisatawan.

“Tujuan dari pengembangan itu, tentunya penghasilannya berdampak positif bagi masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan, Toraja merupakan kota pariwisata ke-tiga di Indonesia, setelah Bali dan Toba. Dan kunjungan dari rombongan PKM UKI Jakarta ini, sangat berdampak positif bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat.

“Kunjungan seperti ini merupakan salah satu pintu untuk memperkenalkan Toraja di luar sana, baik dikancah Nasional maupun International, dimana Toraja merupakan icon pariwisata di sulawesi selatan,” kunci Kalatiku. (Basri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here