Daniel T Rantetasak : Penggunaan Dana BOS Harus Transparan

0
376
Daniel T Rantetasak.Kadis Pendidikan Toraja Utara

rantepaopos.com– Toraja Utara,- Sejumlah kalangan berikan masukan pada pihak sekolah yang mengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) agar benar-benar tranparan dan dapat dipertanggung jawabkan baik secara administrasi maupun secara hukum sesuai dengan petunjuk teknis yang ada.

Harapan tersebut, mendapat dukungan penuh dari kepala Dinas Pendidikan Toraja Utara, Daniel T Rantetasak.

Ditegaskan Daniel T Rantetasak, Rabu (5/7/2017) bahwa pengelolaan dana BOS harus transparan dan akuntabel, dan tidak akan melindungi pihak sekolah jika ada yang bermasalah dengan pengeloaan dana BOS sehingga terproses secara hukum.

Terkait dengan kritikan atau masukan dari masyarakat sehubungan dengan pengelolaan dana BOS, katanya, itu harus ditanggapi secara positif dan jangan membuat tersinggung, karena itu adalah keritikan yang membangun demi untuk kemajuan dunia pendidikan di daerah Toraja Utara.

” Kalau ada masyaraktat yang mengkritisi, meski itu keritikan pahit tapi tujuannya positif, kita harus terima dengan lapang dada sebagai bahan evalusi demi kemajuan dunia pendidikan di daerah yang kita cinta ini,” tegas Daniel.

Mantan Koordinator Pengawas (Korwas) Toraja Utara ini mengatakan, pengawasan terhadap penggunaan dana BOS dapat dilakukan oleh masyarakat termasuk orang tua siswa.

Katanya, pengawasan itu tidak berarti orang tua ikut campur dalam urusan pengelolaan dana BOS, tetapi hanya sebatas mengawasi penggunaannya, apakah sudah tepat sasaran sesuai petunjuk tekhnisnya. Sementara pengelolaan dana BOS tetap menjadi wewenang pihak sekolah.

“Tujuan pemberian dana BOS adalah untuk membebaskan siswa miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun dan meringankan beban biaya operasional satuan pendidikan dasar bagi siswa dengan mekanisme manajemen berbasis sekolah,” jelas Daniel,

Daniel T Rantetasak, mengaku, bahwa berdasarkan hasil evaluasi pihak Dinas Pendidikan Toraja Utara terhadap pelaksanaan dan pengelolaan dana BOS pada tahun ini, hasilnya cukup baik.

” Kita berharap tahun kedepannya pengeloaan dana BOS di sekolah-sekolah lebih mengalami peningkatan dibandingkan tahun ini, supaya sisi manfaatnya betul-betul dirasakan oleh siswa,” tutup Daniel. (Jhon )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here