Bupati Torut dan Dandim 1414 Tator : Pancasila dan NKRI Harga Mati Bagi Kita

0
291
Suasana dialog Kebangsaan, yang digelar di ruang Pola Bupati Toraja Utara, Selasa (13/6/2017)

·       Disampaikan Dalam Dialog Kebangsaan

Rantepaopos.com-Toraja Utara,– Dialog Kebangsaan yang digelar  DPD KNPI Toraja Utara yang bertajuk ‘Indonesia Rumah Bersama’ dibuka secara resmi oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, didampingi Komandan Kodim 1414 Tator Letkol Cpn. Jimmy Sirait dan Kapolres Tana Toraja yang diwakili  Wakapolsek Rantepao. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan  di ruang pola Kantor Bupati Torut, Selasa (13/6/2017). Pesertanya  berasal dari  siswa  tingkat SD, SMP dan SMA/SMK yang diwakili masing-masing ketua dan anggota OSIS tiap sekolah,  FKPPI dan Personil Satpol PP Toraja Utara.
 
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dinilainya,  karena merupakan forum yang sangat penting guna  mengingatkan kita semua  tentang posisi final bangsa kita berdasarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
 
Disebutkan,  sesuai dengan materi yang dipaparkan, yaitu merajut NKRI.  Maka   pertanyaannya, mengapa kita harus merajut kembali NKRI?…. Sebab ada indikasi bagi pihak-pihak tertentu  tidak menginginkan Pancasila  dijadikan sebagai dasar negara.
 
 “Gelagat seperti ini sangat bertentangan dengan idiologi NKRI, sehingga kita harus terus menumbuhkan dan mengasah kembali NKRI ke dalam jiwa dan semangat  generasi muda kita,” ucap Bupati
 
Ditambahkan, jika ada orang yang mempertanyakan Pancasila,  berarti orang tersebut tidak mengerti sejarah. Itu kita maklumi. Namun,  kita  punya kewajiban  mengingatkan mereka, agar dapat bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.  Karena Pancasila  adalah harga mati bagi kita semua.
 
“Jika ada tindakan yang  membahayakan dan  bertentangan dengan Pancasila maka segera laporkan kepada pihak yang berwajib,” tegas bupati
 
Bupati berpesan bagi generasi muda agar  belajar dengan baik, rajin beribadah dan jadikan pemerintah daerah sebagai pelayan   bagi dirimu sebagai  generasi muda.
 
“Mari kita tanamkan dalam diri masing-masing  bahwa Pancasila dan NKRI adalah harga mati,” ajak bupati bagi generasi muda
 
Dandim  1414 Tana Toraja,  Letkol Cpn. Jimmy Sirait,  sebagai salah satu pemateri yang berjudul ‘Ancaman Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa’. Dikatakan, kita dapat melihat banyak ancaman aktual seperti terorisme, ISIS dan beberapa kelompok lainnya yang menimbulkan tindakan  radikalisme. 
 
“Mari kita bersama menangkal tindakan atau aksi  seperti ini,  demi menjaga keutuhan bangsa NKRI,” ajak Jimmy
 
Tak hanya itu, kata Jimmy,  ancaman lainnya juga  sudah mulai timbul,  seperti tindak radikalisme yang terjadi di dunia maya, tindak cyber, serta penyebaran narkoba, bahkan propaganda pun telah melanda negeri ini.
 
“Tindakan yang mengancam seperti ini, merupakan  tanggung jawab kita bersama untuk menagkalnya demi terjaganya dan terpeliharanya keutuhan bangsa. Sekali lagi, NKRI dan Pancasila harga mati  buat kita,” tegas Jimmy. (Basri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here